Navigation

Sistem Basis Data: Apa itu DBMS (Database Management System)?

Apa itu SQL? SQL merupakan singkatan dari Structured Query Langauge. Ada juga yang menyebut SQL dengan istilah sequel, namun ada juga yang menyebut SQL saja. Pada dasarnya SQL merupakan bahasa komputer standar yang ditetapkan oleh ANSI (American National Standard Institute) untuk mengakses dan memanipulasi sistem database. SQL bisa bekerja dengan baik pada program-program database seperti MS.Access, DB2, Infomix, MS SQL Server, Oracle, Sybase dan lain sebagainya. Versi-versi SQL sangat banyak tetapi aturan yang dipakai tetap sama pada setiap sintaks-sintaksnya. Sebuah database dapat berisi satu atau lebih tabel yang setiap tabel memiliki nama tersendiri atau unik. Tabel-tabel tersebut memiliki minimal satu kolom/field atau lebih dan memiliki baris/record. Untuk mengolah database, kita menggunakan query yang merupakan tindakan yang biasa dilakukan sebagai rutinitasnya. Query itu sendiri merupakan perintah untuk mengakses database.

Apa itu SQL?

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Langauge. Ada juga yang menyebut SQL dengan istilah sequel, namun ada juga yang menyebut SQL saja. Pada dasarnya SQL merupakan bahasa komputer standar yang ditetapkan oleh ANSI (American National Standard Institute) untuk mengakses dan memanipulasi sistem database. SQL bisa bekerja dengan baik pada program-program database seperti MS Access, DB2, Infomix, MS SQL Server, Oracle, Sybase dan lain sebagainya.

Versi-versi SQL sangat banyak tetapi aturan yang dipakai tetap sama pada setiap sintaks-sintaksnya. Sebuah database dapat berisi satu atau lebih tabel yang setiap tabel memiliki nama tersendiri atau unik. Tabel-tabel tersebut memiliki minimal satu kolom/field atau lebih dan memiliki baris/record. Untuk mengolah database, kita menggunakan query yang merupakan tindakan yang biasa dilakukan sebagai rutinitasnya. Query itu sendiri merupakan perintah untuk mengakses database.





Contoh: SQL Syntax - Query untuk menampilkan idGambar pada tabel tb_Gambar

Arti query di atas adalah "Pilih data idGambar dari tabel tb_Gambar".

Apa yang bisa dilakukan SQL?

  1. SQL dapat mengeksekusi query terhadap database,
  2. SQL dapat mengambil data dari database,
  3. SQL bisa memasukkan record dalam database,
  4. SQL bisa mengupdate record dalam database,
  5. SQL dapat menghapus record dari database,
  6. SQL bisa membuat database baru,
  7. SQL dapat membuat tabel baru dalam database,
  8. SQL dapat membuat prosedur tersimpan dalam database,
  9. SQL dapat membuat tampilan dalam database,
  10. SQL dapat mengatur hak akses pada tabel, prosedur, dan tampilan.

Untuk membangun situs web yang menampilkan data dari database, Anda memerlukan: Program database RDBMS (misal MS Access, SQL Server, MySQL) Untuk menggunakan bahasa script sisi server, seperti PHP atau ASP Untuk menggunakan SQL untuk mendapatkan data yang anda inginkan Untuk menggunakan HTML / CSS ke style halaman.

Ada 3 jenis query utama dalam SQL, yaitu:

Data Definition Language (DDL)

Query ini digunakan untuk mendefinisikan dan mengatur semua object dalam server database. Yang termasuk dalam DDL adalah

  1. CREATE digunakan untuk membuat object database.
  2. ALTER digunakan untuk mengubah object database.
  3. DROP digunakan untuk menghapus object database.

Data Manipulation Language (DML)

Query ini digunakan memanipulasi data dalam object database, antara lain untuk memilih data, memasukkan data, mengubah data dan menghapus data. Yang termasuk dalam DML antara lain:

  1. SELECT digunakan untuk memilih/menampilkan data.
  2. INSERT digunakan untuk memasukkan data.
  3. UPDATE digunakan untuk mengubah data.
  4. DELETE digunakan untuk menghapus data.

Data Control Language (DCL)

Data Control Language (DCL) merupakan sub bahasa SQL yang digunakan untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya. Perintah DCL, diantaranya:

GRAND

Digunakan untuk memberikan hak / izin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapus (DELETE), mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.

REVOKE

Digunakan untuk menghilangkan atau mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user oleh administrator atau memiliki fungsi kebalikan dari fungsi perintah GRAND.
Share

Unknown

Hi, aku Zulfakar mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, dan Blogger.

Post A Comment:

0 comments:

Silahkan berikan komentar anda menggunakan kata-kata yang sopan!