Navigation

Hardware Software I: Lab Activity Chapter 3


1. Pasang dan check komponen PC

Langkah – Langkah

  1. Pastikan RAM, Hard Drive, Kabel Hard Drive terpasang dengan benar dan sesuai.
  2. Pasang Keyboard, Kabel Power supply ke Stop Contact, dan pasang kabel Monitor.

Hasil pengamatan

Pastikan 24 Pin Power Supplay telah terpasang dengan benar. Cara menghidupkan PC tanpa kabel font panel power, cukup Jumper kan pin ke 6 dan 8 secara bersamaan dengan waktu cukup satu detik saja, maka PC (Komputer) akan menyala. Cara melakukan jumper nya cukup dengan obeng, dan sentuhkan 6 dan 8.
Saat sebelum Komputer dinyalakan, lakukan pengecekan pada semua komponen Komputer pada Motherboard, dan harus di pastikan Komputer atau Power Supply tidak dalam keadaan terpasang dengan Stop Contact.
Saat Komputer telah dinyalakan (di jumper, 6 dan 8) pastikan Heat Sink menyala (berputar) tanpa ada suara atau gangguan. Tunggu sebentar, bila ada kesalahan maka, akan mendengar suara Beep. Dan jika berhasil maka akan masuk ke dalam BIOS atau Windows.

2. Check power supply

Langkah – Langkah

Dibutuhkan kabel jumper, untuk mengecek Power Supply itu masih dalam keadaan bagus atau tidak.
Sambungkan Jumper tersebut ke dalam 24 Pin Power Supply warna Hijau dan hitam. Dan sambungkan ke Aliran Listrik.

Hasil pengamatan

Jika terhubung atau telah terkoneksi dengan aliran listrik maka, kipas (fan) yang berada dalam Power Supply akan berputar. Cara mengetahui bahwa Fan Power Supply telah hidup adalah, dengan mendekatkan telinga ke dekat Power Supply atau dengan merasakan getaran kecil yang dihasilkan oleh Power Supply.

3. Kabel MB dan 4 Pin x1

Langkah – Langkah

  1. Pastikan Kabel Power telah terlepas dari aliran Listrik.
  2. Copot Kabel 4 Pin x1.
  3. Dan pasang kembali aliran listrik tersebut.
  4. Kemudian nyalakan.
  5. Amati yang terjadi

Hasil pengamatan

Dari hasil yang di lihat atau yang telah teramati, Komputer (PC) tidak hidup. Dan dapat disimpulkan bahwa, komputer jika tidak menghasilkan gerakan atau respon jika di nyalakan maka hal yang membuat komputer itu tidak menyala adalah Power Supply.
Dengan 24 Pin Mother Board yang menancap, hanya mengakibatkan hanya Heat Sink komputer yang menyala. Jadi dapat disimpulkan kembali bahwa, tanpa terkoneksi Kabel 4 Pin x1 ke Mother Board, Komputer tidak akan menyala. Dan jika PC hanya menyala Fan nya (kipas nya) maka yang mengalamai kerusakan adalah kabel 4 pin x1.

4. Check memory

Langkah – Langkah

  1. Matikan komputer Kembali.
  2. Lepas RAM dari Motherboard.
  3. Dan coba nyalakan Komputernya

Hasil pengamatan

Jika BIOS yang digunakan adalah AMIBIOS maka, terdapat bunyi Beep 3 kali secara berturutan dan kontinue. Itu disebabkan karena RAM yang tidak terdeteksi oleh BIOS, maka tindakan yang dilakukan Komputer jika RAM tidak terkoneksi atau rusak maka terdapat bunyi “Beep” yang di keluarkan oleh Komputer (PC)

5. Check Harddisk

Langkah – Langkah

  1. Matikan Komputer kembali.
  2. Kemudian lepas kabel koneksi SATA antara Hard Drive dengan Mother Board.
  3. Amati kejadian yang terjadi.

Hasil pengamatan

Jika tidak ada Hard Drive yang tepasang dengan Komputer maka, Komputer tidak bisa masuk ke Sistem Operasi (OS) Tidak bisa Booting masuk ke Windows.

Kerusakan yang terjadi bila Hard Drive tidak dapat terbaca oleh BIOS adalah,
  1. Software atau Sistem Operasi nya telah corrupt (rusak).
  2. Hard Disk yang sedang terpakai tidak memiliki Software, lalu BIOS tidak dapat membacanya.
Cara mengetahui Hard Disk dapat terkoneksi dengan komputer melalui, dengan masuk ke Windows atau masuk ke Sistem Operasinya (OS) dan terdapat tanda bahwa Hard Drive telah terbaca. Biasanya diberi nama default D. Cara kedua untuk mengetahui bahwa Hard Drive telah terbaca yaitu dengan masuk ke BIOS dan pilih “Standard CMOS Setup”, disitu tertera SATA 1 dan SATA 2, jika kita menyambungkan nya di SATA 1, maka Hard Disk akan dibaca di SATA 1.

6. Set password BIOS

Langkah – Langkah

  1. Restart PC(Komputer).
  2. Tekan Delete agar masuk ke BIOS

    Ada 2 pilihan:
    • Supervisor Password
    • User Password

Hasil pengamatan

Jika kita memilih supervisor Password maka fungsi dari supervisor Password itu adalah mengontrol akses ke program sistem setup. Jadi jika ada seseorang yang tidak bisa mengisi Password tersebut maka, orang tersebut tidak dapat mengakses sistem setup pada BIOS administrator.
Dan kemudia jika memilik User Password maka, sama dengan Supervisor Password, tetapi sebagai Password BIOS User, atau pengguna.

7. Clear Password BIOS

Langkah – Langkah

  1.  Ada 2 cara menghapus Password BIOS.
  2. Mencabut baterai CMOS.
  3. Memindahkan Jumper yang berada di MotherBoard.

Hasil pengamatan

Untuk mencabut Baterai CMOS adalah hal yang paling akhir yang diambil jika ingin me reset Passwrod, bahkan mereset semua yang ada di Komputer (PC). Secara default biasanya jumper pada motherboard akan terhubung pada dua pin dan satu pin lain akan dibiarkan bebas. Untuk reset BIOS kita bisa melepaskan jumper pada motherboard kemudian memindahkannya pada pin yang bebas tida dengan pin yang ditengah. Biarkan jumper terhubung pada beberapa detik kemudian lepaskan kembali jumper tersebut dan pasang jumper seperti semula saat sebelum direset.
Share

Unknown

Hi, aku Zulfakar mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, dan Blogger.

Post A Comment:

0 comments:

Silahkan berikan komentar anda menggunakan kata-kata yang sopan!