Navigation

Teknologi: Apa itu Deep Web dan Bagaimana Cara Mengaksesnya?

Internet diibaratkan seperti sebuah samudera lautan, dimana Anda membutuhkan sebuah mesin pencari (Search Engine) untuk dapat menjaring beberapa informasi yang Anda butuhkan. Dan tentunya hanya sebagian kecil informasi yang Anda dapatkan, karena Anda hanya berada di bagian permukaan lautan. Informasi yang berada di dasar lautan tidak akan terjangkau oleh jaring Anda. Saat Anda mengakses internet Anda hanya berada pada permukaannya saja, di permukaan internet ini saja sudah begitu luasnya padahal hanya 4% dan masih ada bagian dalam yang mencapai 90% konten itulah yang disebut Deep Web. Dan terakhir sisanya 6% adalah Dark Web. Pada surface web semua informasi bersifat terbuka. Anda dapat mengakses mesin pencarian seperti Google, BING, atau Yahoo dengan menggunakan browser standar seperti Google Chrome, Mozilla, dan juga Safari. Dan biasanya pada surface web ini memiliki aturan-aturan yang dibuat agar semua infrmasi berada pada kondisi yang aman dan legal. Sedangkan pada Deep Web membutuhka jaringan khusus (Jaringan TOR) untuk menyelaminya. Tidak mudah ditemukan, penuh dengan rahasia dan misteri, gelap, ilegal, dan itulah sisi gelap dari dunia maya.
TOR Browser - Catatan Kecil

Internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling berhubung, antara komputer satu dengan komputer lainnya. Dengan adanya internet batas-batas suatu negara akan semakin mudah untuk hilang dan memungkinkan terjadinya globalisasi.

Internet yang kita akses selama ini ternyata hanyalah sebagian kecil dari internet. Kita hanya mengakses 4% dari internet atau hanya mengakses bagian permukaannya saja. Bagian permukaan web ini biasa disebut Surface Web. Namun tahu kah Anda terdapat bagian dalam dari internet atau biasa disebut Deep Web yang memuat 90% konten dari internet tapi tidak mudah untuk mengaksesnya.

Grafik Invisible Web

Internet diibaratkan seperti sebuah samudera lautan, dimana Anda membutuhkan sebuah mesin pencari (Search Engine) untuk dapat menjaring beberapa informasi yang Anda butuhkan. Dan tentunya hanya sebagian kecil informasi yang Anda dapatkan, karena Anda hanya berada di bagian permukaan lautan. Informasi yang berada di dasar lautan tidak akan terjangkau oleh jaring Anda.

Saat Anda mengakses internet Anda hanya berada pada permukaannya saja, di permukaan internet ini saja sudah begitu luasnya padahal hanya 4% dan masih ada bagian dalam yang mencapai 90% konten itulah yang disebut Deep Web. Dan terakhir sisanya 6% adalah Dark Web.

Pada surface web semua informasi bersifat terbuka. Anda dapat mengakses mesin pencarian seperti Google, BING, atau Yahoo dengan menggunakan browser standar seperti Google Chrome, Mozilla, dan juga Safari. Dan biasanya pada surface web ini memiliki aturan-aturan yang dibuat agar semua infrmasi berada pada kondisi yang aman dan legal. Sedangkan pada Deep Web membutuhka jaringan khusus (Jaringan TOR) untuk menyelaminya. Tidak mudah ditemukan, penuh dengan rahasia dan misteri, gelap, ilegal, dan itulah sisi gelap dari dunia maya.

Apa itu TOR (The Onion Router)

Tor (The Onion Router) adalah sebuah server yang memungkinkan penggunanya untuk berselancar di internet secara anonim. Tor menggunakan teknik yang disebut "Onion Routing" yang berfungsi untuk menyembunyikan informasi mengenai identitas dan aktivitas penggunanya. Tor sering digunakan untuk beberapa hal untuk melawan hukum dalam beberapa tempat, seperti mengkritik pemimpin negara, menyebarkan berkas-berkas dengan hak cipta, kekerasan, pembunuhan, bahkan hingga menyebarkan pornografi anak-anak dan konten ilegal lainnya.

Bagaimana Cara Mengakses Deep Web?

Untuk mengakses Deep Web sebenarnya sangat mudah dan banyak cara yang bisa digunakan. Salah satunya adalah menggunakan TOR Browser. Seperti browser lainnya Tor Browser memiliki fungsi yang sama, namun yang menjadi pembeda antara Tor Browser dengan browser lainnya adalah penggunaan sistem Onion Routing sehingga memungkinkan penggunnya untuk menjangkau Deep Web atau bagian dalam dari internet.

Untuk dapat mengakses Deep Web sangat mudah, sama seperti mengakses website pada umumnya. Anda cukup mengetikan alamat yang Anda akan tuju.

Misal: http://3g2upl4pq6kufc4m.onion/

Bagi Anda yang belum memiliki Tor Browser Anda bisa mendapatkannya melalui link dibawah ini.

Download Tor

Tor memiliki kemampuan "Anonymous" yang bisa dibilang cukup bagus, dapat memberikan keamanan dari Traffic Tracking. Akan tetapi Anda juga harus menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk keamanan ganda. Anda bisa mendapatkan VPN secara gratis atau membelinya di jasa penyedia VPN.

Namun Anda tetap berhati-hati. Walaupun sudah menggunakan VPN, disarankan untuk menggunakan Anti-Virus mulai dari Anti Adware, Anti Malware dan Anti Spyware, dan lebih disarankan untuk menggunakan OS Linux jika ingin surfing dalam jangka waktu yang panjang di dalam Deep Web. Karena sehebat apapun tingkat keamanaan Anda selalu ada celah yang akan dimanfaatkan oleh para Hacker seperti melacak IP, DNS Leak, dan akan mengirimkan virus terutama spyware dan adware, ataupun dapat memata-matai Anda dengan meremote PC Anda.

Surface Web - Deep Web - Dark Web

Apakah Deep Web Berbahaya?

Deep Web bisa dikatakan sangatlah berbahaya, mulai dari konten yang dibagikan hingga privasi penggunanya, jika Anda hanya berjalan jalan melalui mesin pencharian itu tidaklah masalah, namun Anda harus menyiapkan mental Anda karena Deep Web ini penuh dengan konten-konten yang tidak melalui proses sensor.

Daftar Link Deep Web

Untuk dapat mencari sebuah web dalam jaringan TOR Anda dapat menggunakan beberapa Search Engine atau mesin pencari berikut:

Tips Mengakses Deep Web

Deep Web berisi banyak informasi yang tidak ada di website pada umumnya, di dalam Deep Web biasanya banyak peretas yang ingin menyebarkan sebuah virus ke dalam komputer Anda. Untuk mencegah hal tersebut dan hal-hal lainnya yang tidak diinginkan terjadi pada saat mengakses Deep Web, berikut beberapa tips aman dalam mengakses Deep Web.

Tidak mengaktifkan fungsi javascript

Mengapa disarankan untuk tidak menggunakan Javascript? Ini dikarenakan website yang sedang Anda akses biasanya menyimpan javascript yang memungkinkan mengetahui spesifikasi dari PC pengguna.

Jangan melakukan download file

Deep Web menyimpan hal-hal yang tidak diduga. Apalagi Deep Web adalah sarangnya para peretas berkumpul, bisa saja mereka sudah memasukkan virus ke dalam file yang ingin Anda download. Virus tersebut bisa berupa Spyware dan Malware.

Jangan memberikan informasi pribadi

Saat bermain di jaringan TOR yang memerlukan pendaftaran atau informasi pribadi di Deep Web ataupun Dark Web tidak disarankan untuk memberikan informasi pribadi. Informasi pribadi tersebut seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat rumah, nomor hp, tanggal lahir, rekening bank, dll. Itu akan menjadi sangat berbahaya, karena biasanya akan ada yang melakukan teror dan melakukan spam terhadap email pribadi Anda.

Gunakan VPN

Sebelum mengakses Deep Web dan Dark Web Anda sebaiknya menggunakan VPN. Ini bertujuan agar IP asli yang Anda gunakan tidak bisa dilacak oleh admin dari pemilik Website. Sebenarnya jaringan TOR sendiri sudah melakukan pengamanan terhadap penggunanya.

Dan terakhir, Selalu hati-hati

Tips yang terakhir adalah hati-hati dan tetap waspada saat Anda bermain di Deep Web. Ini dikarenakan pada Deep Web banyak mengandung hal-hal yang negatif mulai dari penjualan narkoba, pembunuhan, perdagangan senjata, pedofil, kanibal, ilmu sesat dll. Jadi Anda harus tetap berhati-hati agar tidak sampai terjerumus ke hal-hal yang negatif tersebut.

PERHATIAN

Saya tidak bertanggung jawab atas hal-hal yang mungkin ditemukan atau terjadi pada Anda saat mengakses Deep Web. Semua konsekuensi ditanggung sendiri.
Share

Unknown

Hi, aku Zulfakar mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, dan Blogger.

Post A Comment:

17 comments:

  1. pgn nyoba tapi masih takut... hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja gan, dari pada penasaran 😂

      Delete
  2. Ane pernah iseng-iseng buka Deep web gan. Menurutku gak sehoror yg dibayangkan, cuma pada hal hal tertentu memang harus diketahui sedikit orang aja, tapi di bagikan ke publik.

    ReplyDelete
  3. baru tahu ane... taunya cuman internet mbah Google ma Facebook ternyata ada dunia lain dalam internet hahahah nice info gan

    ReplyDelete
  4. makasih artikel saran masuk depweb
    coba dulu dari pada penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan, tetap berhati-hati karena konten di deep web sebagian besar ilegal

      Delete
  5. info menarik gan. Ada alam lain di internet ternyata pengetahuan baru. Mungkin Semacam Alam gaibnya internet gitu :D

    ReplyDelete
  6. sebenarnya aman aman saja jika kita tidak sembarangan mengklik tautan tertentu.. harus hati hati

    ReplyDelete
  7. Serem juga yah... BTW yang bkin post udah pernah nyoba blum nehh

    ReplyDelete
  8. jadi gitu yah cara akses deepweb, soalnya nyari di google hak ketemu dan berakhir disini
    thx infonya

    ReplyDelete
  9. Kepingin bangett surfing di deep web tapi bahaya XD Slama ini cuma nyari post-post deep web lewat google :v

    ReplyDelete
  10. oh begitu yah cara akses deepweb gan,, wah terima kasih banyak gan,, buat nambah ilmu ane nih.. matur suwonn gannnn.ehehheheh

    ReplyDelete
  11. mantap djiwa gan, kira-kira deepweb punya tingkatan-tingkatannya enggak ya gan?

    ReplyDelete
  12. deepweb itu sebenarnya untuk menjaga privasi, tapi disalah gunakan

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda menggunakan kata-kata yang sopan!