Navigation

Karya Ilmiah: Peluang Bisnis Food Truck

Lalu Zulfakar Hidayat

16.11.0860

S1 - Teknik Informatika

 

ABSTRAK

Bisnis makanan memang selalu menjadi suatu hal yang menarik untuk dicermati. Apabila dilihat lebih dalam perkembangan makanan saat ini semakin beragam. Berbagai kreasi makanan disuguhkan sesuai dengan ide kreatif para pembuatnya, seringkali ide gila itu membuat para penikmat makanan dibuat berdecak kagum. Salah satu wujud kreatifitas dan terobosan para pengusaha kuliner yang saat ini sedang populer dan menjadi tren bisnis adalah food truck.
Food truck sendiri adalah konsep penjualan makanan dengan menggunakan sebuah kendaraan (umumnya sebuah truk yang sudah dimodifikasi) sebagai tempat usahanya. Cara pemesanan, makan dan pelayanannya sendiri dikategorikan unik yaitu segala sesuatunya dilakukan di dalam sebuah kendaraan yang telah didesain sedemikan rupa untuk menarik para konsumen.

Bisnis Food Truck ini dikategorikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan omzet yang cukup besar menjadikan bisnis food truck ini menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan yang sangat mungkin diwujudkan oleh para pengusahanya. Meskipun memiliki omzet yang cukup besar, bisnis food truck ini tidak bebas dari resiko yang tinggi. Resiko tinggi dari bisnis food truck ini menjadi hambatan tersendiri bagi pelaku usaha tersebut. Berbagai hambatan tersebut seperti perpecahan kongsi antar pemilik usaha hingga bahan baku yang sulit didapat karena kebijakan impor pemerintah kadang membuat pengusaha food truck memutar otak untuk menangani masalah tersebut.

Meskipun beresiko tinggi, bisnis food truck ini sangat bisa dijadikan alternatif untuk mereka yang ingin menjalankan bisnis makanan yang memiliki peluang besar. Sedangkan resiko tinggi dari bisnis food truck itu bisa diminimalisir apabila para pelaku bisnis food truck ini memiliki perencanaan dan manajemen yang baik serta bisa mengetahui situasi kondisi pasar sebelum mereka benar-benar menjalankan bisnis ini. Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman.

ISI

SEJARAH

Food truck atau truk makanan menjadi peluang bisnis dan telah menjamur dalam beberapa tahun terakhir. Namun, ada kisah d ibalik food truck. Dikutip laman Culinary Schools, Jumat 8 Januari 2016, di Amerika, truk makanan sudah muncul sejak abad ke-17 di mana para pedagang memanfaatkan gerobak besar, untuk menyajikan makanan pada orang perkotaan di Pantai Timur. Pada tahun 1866, seorang peternak bernama Charles Goodnight merasa mampu mengembangkan konsep kereta jenis chuck wagon sebagai solusi pemberian makanan. Sasarannya adalah mereka yang menghabiskan hari di perjalanan, sampai malam, dengan kondisi cuaca yang panas, kering, dan berdebu. Dia berhasil menggabungkan keterampilan di peternakan dengan kemampuannya merintis dan mengembangkan merek 'chuck wagon' sehingga namanya diperhitungkan dalam dunia sejarah.

FOOD TRUCK MODERN

Food truck modern diketahui mulai populer pada abad ke-19 yakni pada masa setelah terjadinya perang saudara di Texas. Setelah terjadi musibah itu, para penduduk mulai berpergian ke arah barat. Orang-orang tersebut pun harus membawa perbekalan termasuk juga makanan. Pada saat itu, masih belum banyak jalan kereta yang dibuat, maka dari itu segala bahan makanan diangkut oleh mobil hingga menuju tempat yang dituju.
Di Indonesia konsep bisnis truk makanan menjadi fenomena baru yang mendobrak dunia kuliner. Kehadiran bus, truk atau mobil yang dimodifikasi apik tentu menarik perhatian masyarakat.

MEMULAI BISNIS

Food Truck adalah jenis usaha penyedia atau bisnis penjualan makanan dan minuman didalam sebuah kendaraan besar. Sebelum memulai usaha bisnis Food Truck ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Untuk menjalankan bisnis food truck atau pun bisnis lainnya kita harus memiliki manajemen bisnis dan perencaan yang baik. Manajemen bisnis akan sangat berguna ketika anda menjalankan kegiatan bisnis.

Manajemen sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai hal yang terkait dengan pengaturan, perancangan dan pengawasan dari suatu kegiatan termasuk juga bisnis. Selain itu dengan perencanaan manajemen bisnis yang benar, Akan memudahkan para pelaku usaha untuk mengarahkan bisnis mereka menuju kearah yang tepat dan mengantisipasi adanya kerugian yang mungkin dihadapi oleh suatu bisnis. Kemudian dari pada itu sebuah perencanaan manajemen bisnis bukan hanya terletak pada modal saja. Banyak atau sedikitnya modal tidak menjamin suatu bisnis akan bisa sukses dengan tepat. Namun dengan manajemen yang tepat, maka akan diperoleh pelaksanaan bisnis yang efisien dalam menggunakan modal yang tersedia.

Untuk mencapai perencanaan manajemen bisnis yang efisien, maka perlu dilakukan perhitungan yang cermat mengenai modal yang ada dengan disesuaikan pada kegiatan operasional dari pabrik atau perusahaan hingga beberapa waktu yang ada di masa depan. Membuat anggaran jangka panjang yang tepat akan sangat tepat dalam membantu perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Saat menjalankan sebuah usaha atau bisnis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal ini meliputi :

1. Persiapan Mental Yang Kuat

Tips pertama yang harus anda perhatikan untuk mampu menjalankan bisnis yang satu ini ialah dengan membangun mental yang kuat. Bisnis kuliner dengan konsep food truck memang membutuhkan dana yang cukup besar sehingga apabila pelakunya mendapatkan sedikit saja halangan maka mungkin saja hal tersebut akan mampu membuat pelakunya menjadi goyah

2. Memahami Resiko yang Ada

Usaha food truck yang kini mulai menjamur di kota-kota besar ini memang sangat unik dan berpeluang besar menarik konsumen untuk datang. Namun ternyata dibalik peluangnya menciptakan omzet tinggi ini, food truck juga menyimpan risiko usaha yang tak kalah tingginya bahkan juga bisa berujung pada kebangkrutan usaha.

3. Mengatasi Masalah Sumber Daya Manusia

Hal yang juga menjadi kendala serius yang harus diatasi dalam bisnis ini adalah masalah sumber daya manusia. Menurut Joko banyak anggota asosiasinya yang kekurangan pegawai pasca hari raya Idul Fitri dan menyebabkan beberapa usaha food truck tak mampu beroperasi.
Selain itu, tak jarang pula ada pegawai yang berbuat kecurangan karena asosiasinya yang terkadang menggunakan tenaga kerja yang putus sekolah. Kendala dan perasalahan seperti inilah yang kadang membuat pengusaha food truck tak cukup kuat bertahan. Maka dari itu selain mental dan tekad yang kuat, untuk bisa sukses berbisnis food truck. Pengusaha harus mampu mengatasi malalah sumber daya manusia ini.

4. Mengurus Masalah Perijinan

Berbisnis secara offline, tentu tidak bisa sembarang tempat menggelar lapak dagangan. Setali tiga uang dengan bisnis berkonsep food truck ini, mesti bersifat mobile, proses perijinan memang kerap menjadi kendala bagi pemula. Di setiap daerah terdapat Undang-Undang (UU) yang mengatur terkait perijinan. Anda bisa memeriksa Peraturan Menteri Dalam Negeri No 41 Tahun 2012 tentang Pedoman Penataan Pedagang Kaki Lima, di mana salah satunya juga mengatur pedagang dengan kendaraan bermotor roda empat keliling. Maka, pastikan lokasi yang hendak anda gunakan untuk berjualan nantinya betul-betul mendapat ijin dari pemerintah daerah terkait.

5. Kebersihan

Seperti halnya ketika anda memiliki rumah makan atau restoran, faktor kebersihan menjadi hal utama agar calon konsumen tak segan berkunjung. Jika menu makanan anda cepat saji yang membutuhkan kemasan, pastikan anda menyediakan tong sampah untuk menampung sampah dari konsumen anda.

6. Masalah periijinan

Berbisnis secara offline, tentu tidak bisa sembarang tempat menggelar lapak dagangan. Setali tiga uang dengan bisnis berkonsep food truck ini, mesti bersifat mobile, proses perijinan memang kerap menjadi kendala bagi pemula. Di setiap daerah terdapat Undang-Undang (UU) yang mengatur terkait perijinan. Anda bisa memeriksa Peraturan Menteri Dalam Negeri No 41 Tahun 2012 tentang Pedoman Penataan Pedagang Kaki Lima, di mana salah satunya juga mengatur pedagang dengan kendaraan bermotor roda empat keliling. Maka, pastikan lokasi yang hendak anda gunakan untuk berjualan nantinya betul-betul mendapat ijin dari pemerintah daerah terkait.

7. Tetap Berkomitmen Menjalankan Usaha

Meskipun bisnis food truck telah bertumbuh menjadi bisnis yang menjanjikan, namun Joko tetap mengingatkan para pengusaha food truck yang berada dalam asosiasinya tetap terus berkomitmen menjalankan usaha ini. Kesuksesan memang membutuhkan proses yang tidak instan. Maka tanpa komitmen, pengusaha apapun termasuk food truck juga bisa jatuh dan gagal.

8. Gabung Ke Group atau Asosiasi Food Truck

Tips terakhir yang mungkin bisa anda terapkan dalam menjalankan bisnis kuliner yang berkonsep food truck ialah dengan bergabung ke group atau asosiasi food truck. Carilah di sekeliling anda apakah ada grup usaha yang sejenis dengan anda kemudian bergabung dengan perkumpulan tersebut, siapa tau dari sana anda bisa mendapatkan beberapa cara untuk pengembangan bisnis anda. Jika tidak, anda bisa bergabung dengan perkumpulan tersebut melalui mudia sosial secara online.


FAKTOR PENGHAMBAT

1. Tidak setiap lingkungan mengizinkan adanya truk makanan.

Langkah pertama dalam memulai bisnis truk makanan adalah mencari tahu apakah mereka diperbolehkan. Beberapa kota memiliki batasan untuk vendor yang mobile atau dapat ke mana saja. Tentukan di mana Anda dapat mendirikan toko. Itu hal yang pertama yang harus Anda fikirkan.

2. Truk makanan memakan biaya

Truk makanan memakan biaya jauh lebih murah daripada restoran yang dibangun dengan bata dan mortir. Sebuah truk makanan itu sendiri membutuhkan biaya hanya hingga mencapai ratusan juta Rupiah, jika digunakan. Kecuali Anda memiliki banyak uang ekstra, Anda paling mungkin akan perlu mencari pembiayaan baik melalui bank, biro usaha kecil atau investor.

3. Kesehatan dan keselamatan

Jika Anda berencana untuk melayani makanan kepada publik, baik di rumah atau melalui truk makanan, Anda perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pekerja dan pelanggan. Makanan harus disimpan, disiapkan dan disajikan dalam kondisi sanitasi, pada suhu yang tepat. Anda juga perlu untuk mengajukan permohonan izin kesehatan sebelum Anda dapat melakukan bisnis. Patuhi peraturan yang diperlukan untuk memastikan bisnis truk makanan Anda aman.

4. Restoran dan truk makanan tidak selalu dapat berbaur

Restoran di lingkungan Anda mungkin tidak menyambut baik jika Anda memarkirkan truk makanan Anda di dekatnya. Pasalnya, persaingan dalam bisnis makanan selalu sengit.

STRATEGI BISNIS

1. Strategi biaya

Jangan terpaku pada penggunaan food truck berukuran full size atau truk besar seperti yang biasa digunakan oleh pengelola food truck lain. Karena semakin besar truk yang Anda gunakan, maka semakin mahal harga unit truknya, termasuk soal biaya perawatan, pajak, serta bahan bakarnya. Demikian juga kerepotan dalam pemilihan lokasi berjualan, yang pasti berimbas pada biaya sewa lahan. Intinya, pikir-pikir secara mendalam sebelum mengeluarkan uang. Ingat, sekalipun bisnis food truck kerap dimulai dari idealisme, sisi bisnisnya juga harus dihitung dengan cermat agar tidak terjadi pemborosan.

2. Strategi pemilihan lokasi

Untuk memilih lokasi yang tepat, Anda punya dua pilihan, menempati lokasi yang sudah ramai atau membuat lokasi menjadi ramai. Perbedaan dari kedua tempat tersebut ada pada ketersediaan lahan dan harga sewa lahan. Artinya, tempat yang akan Anda gunakan untuk berjualan sudah ramai dan strategis pasti sangat jarang tersedia tempat yang lowong, dan harga sewa tempat yang mahal. Oleh karena itu, hal tersebut tentunya harus disesuaikan dengan omset penjualan Anda bisa memprediksinya dengan cara melakukan survei lapangan terlebih dulu.

Sedangkan, kalau menggunakan lahan yang belum ramai, Anda bisa menggunakan strategi mengajak pengelola food truck lain atau bisnis lain seperti pengelola bazaar, untuk bersama-sama meramaikan lahan tersebut. Memang butuh usaha lebih keras, tetapi kalau sukses akan menjadi kepuasaan tersendiri karena membawa pundi-pundi uang yang banyak.

3. Strategi pemasaran

Beriklan lewat televisi atau media massa memang dapat memberikan keuntungan yang luar biasa terhadap bisnis. Namun, pemilik bisnis harus merogoh kocek dalam-dalam bila ingin menerapkan strategi ini. Hanya saja, Anda jangan berkecil hati, karena Anda masih bisa menggunakan kekuatan jejaring media sosial, yang relatif gratis. Anda bisa menggunakan FB, Instagram, Path, dan tentu saja Twitter untuk memperkenalkan dan mempromosikan food truck Anda.

REFERENSI

https://studentpreneur.co/blog/panduan-bagi-anda-yang-ingin-berbisnis-food-truck/
https://www.la-lights.com/lifestyle/mengenal-sejarah-food-truck-1410319.html
http://www.bisnisusaharumahan.com/2015/09/5-tips-sukses-berbisnis-kuliner-konsep-food-truck.html
http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20150807145558-92-70711/food-truck-bisnis-baru-berisiko-sekaligus-beromzet-tinggi
Share

Unknown

Hi, aku Zulfakar mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta. Seorang Back-End Developer, Desainer Grafis, dan Blogger.

Post A Comment:

0 comments:

Silahkan berikan komentar anda menggunakan kata-kata yang sopan!